Hidup Sehat

AssaLamu’aLaikum Wr. Wb.

Waktu itu hari minggu, 22 juni 2008, MofFY dan teman MofFY Lagi nge-net di warnet daerah perkotaan nganjuk. Ketika itu MOfFY ngeLihat jam pukuL 01:00. mata MofFY terasa berat banget untuk dibuka…! jadi sebeL dech…👿 –makLumLah MofFy jarang tidur maLam”, paLing pukuL 20:00 atau 21:00 MofFY dah klepek di kamar tidur, he..he..he..😳 — MofFY coba untuk tidur tapi enggak bisa, bisanya cuma’ mata MofFY saja yang merem dan anggota tubuh MofFY yang Lainnya masih kerja. Akhirnya MofFY keLuar dari warnet dan jaLan” sebentar — sa’at itu keadaan masih gelap dan sepi — tapi MofFY takut👿 . Ya terus MofFY putuskan untuk di daLam warnet saja. LaLu MofFY nrebut headset teman MofFY dan dengerin Lagu — Lagu apa’an ja yang penting dapat didengerin –. Untungnya teman”, MofFY anaknya sabar….!!! — Ye…! mungkin waktu itu MofFY dah ngantuk banget sampe marah ja MofFY engg’ bisa😳 —

Akhirnya sekarang pukuL 04.30 dan ketika itu adzan berkumandang. Seperti biasa…! MofFY yang lagi ngantuk ini Langsung cabut ke masjid GPL. Berhubung jaraknya agak jauh…!!! MofFY terlambat satu raka’at shaLat shubuh. Tapi meskipun begitu MofFY mengucapkan ALhamduLiLLah kepada ALLAH SWT karena MofFY yang biasanya teLat bahkan biasanya engg’ shaLat shubuh sama sekaLi, di beri kesempatan untuk menunaikan ibadah shalat shubuh… ALhamduLiLLah. — Ssstt…!😮 jangan biLang cpa” ya kalau MofFY shaLatnya teLat terus…!🙂 —

Nah sekarang MofFy muLai berbincang” tentang juduL utama yaitu HIDUP SEHAT. Nasehat hidup sehat ini MofFY dapatkan waktu MofFY habis shaLat shubuh yaitu tepatnya waktu kuLiah shubuh. Nama pembicara materi tersebut adaLah Dr.Agus dengan narasumbernya Prof. Dr. Askandar Tjokroprawiro SpPD, K-EMD mengatakan bahwa kunci hidup sehat pada usia lanjut adalah mengikuti poLa hidup sehat dengan rumus “GULOH SESAR” yang artinya :

G = GuLa. Artinya Kurangi konsumsi guLa.

U = Urat. Artinya kurangi makanan yang mengandung asam urat, yaitu JASBUKET : Jerohan, ALkhohoL, Sarden, Burung Dara, Unggas, Kaldu, emping dan Tape.

L = Lemak. Artinya mengurangi Lemak yang berLebihan. Dengan cara mengurangi TEKKUK CS2 : teLur, Keju, Kepiting, Udang, Kerang, Cumi, Susu & Santan.

O = Obesitas. Artinya mengurangi kegemukan dengan setandar Lingkar perut untuk Laki-Laki<90cm, sedang wanita<80cm.

H = Hipertensi. Artinya mencegah hpertensi denganmembatasi pemakaian garam, ikan asin, teri, kacang asin dLL.

S = Sigaret. Artinya berhenti merokok.

I = Inaktivitas. Artinya seLaLu bergerak / oLahraga Kurang Lebih 300Kcal/hari atau jaLan 3Km/hari atau Sit-up 50-100 kaLi/hari.

S = Stres. Artinya menghindari stres dan usahakan tidur minimaL 6 jam sehari.

A = ALkhohoL. Artinya jangan minum-minuman keras.

R = Reguler check up. Artinya kontroL teratur setiap 3, 6, dan 12 buLan.

Gitu Lho teman”. MofFY cuma berbagi pengaLaman yang didapat MofFY, yang di ubah daLam coretan di BLog ini. Teman” juga boleh kok berbagi pengalaman bersama MofFY, dan yang pasti MofFY pasti akan seLaLu setia menunggu. Jikalaupun coretan MofFy tadi ada kesaLahan yang menyinggung hati teman”… MofFY ngucapin mohon ma’af sebesar”nya kepada teman”. Dan sarannya tetap ditunggu MofFY. dah DuLu ya teman”…….!🙂:mrgreen:

WassaLamu’aLaikum Wr. Wb.

Tinggalkan komentar

Filed under windows of world

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s