RoseLLa Merah (Hibiscus Sabdariffa L)

Bagi teman” yang mungkin ingin menghangatkan fikiran, supaya aktivitas setiap hari dapat diLakukan dengan penuh semangat, atau sekedar menge-fresh-kan Fikiran saja, MofFY punya saran. Sebaiknya kita minum Teh saja.. Lha setahu MofFY teh yang tepat adaLah teh yang terbuat dari bunga “RoseLLa Merah” yang bahasa Latinnya HIBISCUS SABDA RIFFA L –sebenernya MofFY enggak pernah menkonsumsi sie…đŸ˜› –. Bunga ini dapat digunakan untuk mencegah berbagai penyakit. Pohon ini sejenis perdu yang juga mudah untuk ditanam.. Hebat kan.. MofFY jadi pingen menancpakannya di depan rumah MofFY nie… he…đŸ˜†

Setahu MofFY di MaLaysia, RoseLLa juga disebut Asam paya, Asam kumbang atau Asam susur, yang merupakan tumbuhan yang mempunyai keluarga sama dengan bunga raya/sepatu (Hibiscus rosasinensis). Ada juga orang yang mengatakan bunga RoseLLa dari India tetapi ada juga orang yang punya pendapat bahwa bunga RoseLLa berasal dari Afrika Barat. Dan Bunga RoseLLa semuLa diperkenaLkan di MaLaysia Lebih dari tiga abat yang LaLu. Dan di India Barat disebut dengan Jamaican SorreL.

Pohon RoseLLa tumbuh dari biji/benih dengan tinggi yang bisa mencapai 3 – 5 meter. Dan bunga ini hampir tiap tahunnya berbunga. Bunga RoseLLa berwarna cerah, KeLopak bunga atau kaLiksnya berwarna merah geLap Lebih tebal jika dibandingkan dengan bunga raya/sepatu. KeLopak bunganya (kaliks) dapat diproses menjadi makanan yang mempunyai rasa yang amat masam. Kelopak bunga ini bisa diproses menjadi berbagai jenis makanan seperti minuman, jelly, saos, serbuk (teh ) atau manisan Roselle. Daun muda Roselle bisa juga dimakan sebagai uLam atau salad. Sementara itu menurut keterangan” teman” MofFY di Afrika, biji RoseLLa dimakan karena dipercaya mengandung minyak tertentu. Dan temen” MofFY di Sudan mengatakan, Bunga RoseLLa dapat diproses menjadi minuman tradisional yang dinamakan Karkadeh dan merupakan minuman kebangsaan orang Sudan.

Nama Lain dari bunga RoseLLa merah setahu MofFY dan temen”nya MofFY, diantaranya adaLah Hibiscus Sabdariffa L., H. Sabdariffa varaLtissima, RozeLLe, Red SorreL, Sour-sour, Lemon bush, FLorida cranberry, OseiLLe rouge (Perancis), Quimbombo Chino (SepanyoL), Karkad� (Afrika Utara), Bisap (SenegaL).

Ini adaLah bahan penting yang terdapat daLam Bunga RoseLLa : Gossy peptin anthocyanin dan gLucoside hibiscin yang mempunyai efek diuretic dan choLeretic, memperLancar peredaran darah, mencegah tekanan darah tinggi, meningkatkan kinerja usus serta berfungsi sebagai tonik (obat kuat).

MofFY punya tips untuk cara penyajian bunga RoseLLa sebagai bahan minuman seperti Teh, Tips ini MofFY kumpuLin dari temen” MofFY, Ne diya….:

Tiga kuntum bunga RoseLLa dicuci dengan air matang, Di seduh dengan air panas, tambahkan guLa atau Madu secukupnya jika diinginkan–QLw tidak juga G’ pa” tapi soaL rasa MofFY jamin akan berubah..đŸ˜› –. Daunnya dapat diseduh beruLang” kaLi. Rebusan bunga RoseLLa dapat dijadikan sebagai bahan seLai ataupun sirup kesehatan untuk menjaga setamina tubuh.

KeungguLan bunga RoseLLa merah:

  1. RoseLLa merah segar, berkhasiat tanpa efek samping.
  2. Kaya akan vitamin C, A, betakaroten, 18 Asam Amino, Protein dan kaLsium.

Bunga RoseLLa bermanfaat :

  • Mencegah kanker dan radang.
  • Arginin dan Legnin pada RoseLla berperan daLam proses peremajaan seL.
  • Detoksifikasi dan menetraLkan Racun
  • Mencegah stroke, mengendaLikan tekanan dan peredaran darah.
  • Menurunkan kadar GuLa daLam darah.
  • Menurunkan KoLesteroL dan menyeimbangkan berat badan.
  • Antioksidan tinggi menjaga stamina dan daya tahan tubuh.
  • Menurunkan tingkat penggumpaLan Lemak di Hati.
  • Mencegah Osteoporosis.
  • Mengurangi rasa pusing atau migren.
  • Mengurangi panas daLam dan meLancarkan BAB.
  • Membantu pemuLihan ketergantungan obat.

Nah tu diya saran MofFy…… bagaimana…????

DeMofFY. Saturday, 9 agustus 2008.

6 Komentar

Filed under windows of world

6 responses to “RoseLLa Merah (Hibiscus Sabdariffa L)

  1. reatheryan

    Yah gw dukung deh bwt nanam bunga ini di halaman rumah lo…
    Tapi kalo nancepin ja…

  2. demoffy

    @ reatheryan
    Terimakasih atas dukungannya….

  3. senja

    hai………

    puisimu menarik…

    itu dulu yah….

    terimaksih mau menyapaku
    terus berkarya!!!!

  4. rosellamerah

    Tempat perkulakannya rosella yang berkwalitas spengetahuan saya ada di Kota Malang Jawa Timur… selain Mutu terjamin kelopaknya juga bersih dan higienis… aku juga punya Notelp Hp penjualnya…. 081805086394. Dijamin gak kecewa dech beli disana

  5. Kmi juga meydiakn rosella merah dan ungu, stoc ada bynk..dan hrga juga bisa nego hub kmi di
    hp:087860775823
    email: rosellajaya92@ymail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s