~KHASIAT BIJI JARAK~

MaLam gelap memang tanpa cahaya, namun bagi orang-orang desa Pemongkong, Lombok timur berjaLan di kegelapan maLam sudahLah menjadi kebiasaan. Tana lampu petromax(sorot), Lentera minyak ntuk memperoLeh peLita maLam hari. Hanya berbekaL biji buah jarak kering orang-orang desa Pemongkong tak kesuLitan untuk memperoLeh cahaya malam.

Loh kok bisa? Bagaimana caranya? Enggak mungkin dech kayaknya….!!???

”Bisa saja khan….! caranya… biji buah jarak yang kering, ditusuk dengan batang bambu yang disuLut dengan korek api…. dah gito aja… menurut orang-orang Pemongkong sie cukup terang dan tahan Lama. Getooooo….! J

Para petani tersebut memanfaatkan Lahan-Lahan kering seputar kampung untuk mmbudidayakan tanaman bergetah putih itu, sejak puLuhan tahun siLam. Setiap tahunnya rata-rata diperoLeh 200 ton biji kering dari 200 hektare kebun buah jarak mereka. Diangkut ke Jawa, diEkstrak, dan minyaknya dkirim Ke sejumLah Industri. Seperti industri kosmetik, obat, sabun, Cat, dan kertas.

buah-jarak

Minyak buah Jarak berasaL dari sumber aLam yang dapat diperbaharui, berbeda dengan BBM, bahan bakar purba yang tak mungkin tercipta dalam waktu singkat.

Apakah minyak buah jarak tersebut ramah Lingkungan…?

”Pohon ini tumbuh secara aLamiah. Proses Fotosintesisnya menyerap kabondioksida (CO2) dan kadang bercampur dengan Gas-gas di Atmosfer sehingga bisa menghasLkan reaksi baLik terhadap efek rumah kaca…. so,,, ramah Lingkungan juga.. J

Proses mengubah mnyak bumi menjadi BiodieseL meLaLui tahap reaksi yang sederhana, yakni dengan menambahkan ”AlkohoL dan KataLisator”,antara lain ”Natrium Hidroksida (NaOH)”. HasiL pengujian di India menunjukkan BiodieseL itu mempunyai NiLai Catane 51, Lebih tinggi dari soLar yang niLai Catanenya 50. KaLorinya pun tak terpaut banyak, Sekitar 10.1770 k.CaL per Kg untuk solar dan 9.470 k.CaL per Kg pada minyak buah Jarak.

Apakah semua mesin DieseL bisa menggunakan bahan bakar BiodieseL…?

”Nah ini hebatnya…!!!!😉 mesin dieseL yang sudah ada sekarang tidak perLu di modifikasi untuk mengkonsumsi BiodieseL. Dengan kata Lain… dapat digunakan di semua mesin dieseL.. Hebat khan…:mrgreen:

Maka dari itu, Indonesia sudah seLayaknya ceat menyiapkan bahan baka Alternatif. Tidak ada jaminan bahwa harga minyak internsionaL akan turun….

Ayo Indonesia…….!!!!!!!!!!!!!! BANGKIT………………..!!!!!!!!!!!! J

HasruL MuhasruL

8 Komentar

Filed under windows of world

8 responses to “~KHASIAT BIJI JARAK~

  1. Jadi inget jaman penjajahan Jepang… Rakyat Indonesia dipaksa untuk menanam jarak, untuk dijadikan bahan bakar pesawat milik Jepang…🙂

  2. Wah iya Maz…

    Di Jawa Tengah pas tahun 2007 kemaren juga sudah akan memproduksi tanaman jarak ini..

    Tidak sulit kok tanaman jarak itu, bisa hidup di daerah panas sekalipun…

    Ok lah, silahkan tanama saja di tempat masing-masing..

  3. @fairuzdarin
    masa’…😕 aku enggak tahu masaLah itu…
    Tapi masuk akaL juga….
    Karena jepang waktu itu memang mengeruk harta Indonesia…

    @bocahbancar
    yup… saya dukung gerakan itu..

  4. @fairuzdarin
    masa’…😕 aku enggak tahu masaLah itu…
    Tapi masuk akaL juga….
    Karena jepang waktu itu memang mengeruk harta Indonesia…

    @bocahbancar
    yup… saya dukung gerakan itu..🙂

  5. hendra sang pencerah

    ada satu lagi manfaat biji jarak.
    caranya ambil biji jarak yang sudah tua, kupas kulitnya lalu diberikan ke pada Istri ( ditelan aja ).Insya Allah dapat menahan ke hamilan selama 6 bulan.

  6. baby

    wah, baru tau nih ada namanya biji jarak😀
    Pest Control

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s