Sound strange

Ada yang mengganjal dihatiku, sa’at aku mendengar suara yang tak asing lagi di telingaku. Terdengar begitu keras, begitu menyenyat, bergulir bersama sang waktu. Suara yang aku tak tau, karena aku juga tak mengerti.. Apakah ia bicara padaku? Apakah Ia bernyanyi.. apakah ia minta sesuatu dariku? Ataukah mau bercerita padaku? Sungguh… Ku tak tau… mengapa ku malu.. sa’at dia ada didekatku…. *loh kok malah nglantur..!!! itu kan lirik lagu.. lagu apa ya?😕 * 😆

Sebenernya sih aku mau tunjukkin ke temen-temen.. Tapi pas waktu aku rekam pake hape kesayanganku.. Eh tau-tau waktu aku dengerin suara itu… Loh kok enggak ada suaranya ya? Ku coba sampe tiga kali… tapi hasilnya NIHIL… kenapa ya? Suara itu seakan-akan sirna ditelan hembusan udara. Kok enggak bisa direkam ya? Pake hapeku… apa ada yang salah? Padahal buat ngrekam suaraku dan temen-temenku bisa…😕 Mau tau suara apa itu? Gerangan yang mengusik kenanganku hatiku? Sebelum klik “read more” ayo tebak dulu dalam hati… suara apakah itu? Jangan lupa comment yach..!!😉

Pernah ngedenger suara jangkrik? Nah itulah yang aku maksudkan.!!! Coba bayangin.. kalo pas jangkriknya bunyi… Telinga kita dengar, yakan?!! Kalo kita lihat.. kita tau bentuknya?!! * so pasti itu..!! *:mrgreen: Namun ada yang aneh pada suara jangkrik itu, Kenape suaranye kagak bise direkam? Aku enggak habis fikir * makanya fikir terus..!!😛 * Padahal suaranya keras banget.. Hanya ada aku dan jangkrik itu doank yang menempati ruangan… kagak ada secuil suara, terkecuali suara langkah kaki, dan keypad hape pas waktu aku rekam..

jangkrik

Karena rasa penasaranku, akhirnya aku “find” keanehan suara itu di google aja. Ternyata the result said that.. Suara Jangkrik enggak bisa direkam dengan perekam biasa… — yah Hapeku berarti enggak berkualitas dunk..!!!😥 —

Pertanyaannya, kenapa harus pake perekam khusus untuk ngrekamnya? Ada yang Teu?

Kita bahas yang laen dulu.. Darimana Suara Jangkrik Berasal?

Ternyata dari kedudua sayapnya itu.. Caranya.. *yang bisa hal ini Cuma’jangkrik jantan loh..!! * dngan membuka sayapnya, kemudian menggesekgesekkan. Nah Alur-alur pada permukaan sayap yang satu beradu dengan alur sayap yang lain atau duri-duri yang di sayap satunya digesek-gesekkankan dengan duri-duri yang ada di sayap yang lainnya. Lah.., proses inilah yang menghasilkan suara.

Jangkrik juga punya semacam alat pengeras suara. Kalo dalkam bahsa elektonicanya disebut juga dengan “AmpliFire” Ato Speaker. Terangkai sempurna dibawah sayap, deketnya sambungan antara perut dan dada.. dan juga ditungkai belakang. Tapi aku enggak tau apa namanya alat itu..😆 makanya kalo semua tungkai (kaki) belakangnya udah enggak ada… Biasanya suara merdunya pun juga udah enggak nyaring lagi.. Dan effectnya jadi enggak laku sepanjang hidupnya..😦

Dan Kenapa enggak bisa direkan dengan perakam biasa?

Menerutku, kira-kira lo ya.. Aku enggak tau pastinya.. Suara jangkrik berada pada frekuensi di uadara tertentu.. Kayak gelombang radio.. So kalo mau ngrekam ya harus pake perekam khusus…

Kalo menurut teman-teman gimana?

Succes for Us.

17 Komentar

Filed under windows of world

17 responses to “Sound strange

  1. hmm… masa kecil dulu seneng aku memelihara jangkrik mas.. tapi gak kepikiran ngrekam suaranya..🙂

  2. Kayaknya si jangkrik pake penangkal biar suaranye kaga bise direkam sama KPK…he..he

  3. mungkin karena berfrekuensi tinggi ya ndak bisa direkam pakai gadget sembarangan.. Hoho.. krik krik krik…

    salam kenal

  4. aku suka suaranya jangkrik… terutama kalo malam. bikin makin nyenyak tidur.. hehehe.. oh iya di postingan ku kamu tanya soal kenapa cuti kan ya?? nah aku udah posting konfirmasi kenapanya.. baca ya

  5. Salam,
    iya gitu, jd penasaran pengen eksperimrn juga🙂

  6. g pernh kpikiran ngerekam swara na…
    br tw klo g bs drekem…
    *jadi termangu

  7. Wedew…saya malah baru tau kalo suara jangkrik gak bisa direkam ama alat biasa…
    Xixixiix….parah deh gue😀

  8. eliabintang

    wah manusia aja mau beli ampli buat main musik harus bayar mahal. trus udah rekaman, dibajak pula! kl jangkrik malah ga bisa dibajak.. keren juga:mrgreen:

    salam kenal yah!

  9. @muhamaze
    Aku malah enggak suka jangkrik.. tapi sekarang saya malah jadi pingin tau lebih jauh tentang tuh jangkrik..🙂

    @ Noorhasan
    Kalo korupsi malah bahaya tuh jangkrik..

    @ Ongki
    Ya betul.. Aku setuju…🙂

    @ nyin
    oke..!!😉

    @ nenyok
    emang bikin misteri tu suara..🙂

    @ avokadojuice
    awalnya sih coba-coba.. ternyata… emang kaya’ gitu.. bikin penasaran..🙂

    @ Zippy
    Awalnya aku juga enggak tau….🙂

    @ eliabintang
    Itulah hebatnya cipta’an tuhan..🙂

  10. reatheryan

    kirain apa toh…😆

  11. Suara yang bisa didengar manusia berada pada frekuensi 20-20.000 getaran per detik yag biasa disebut Audiosonik.. eh, bener gag yow…
    halah, malah ngelantur aq kie…

    Sing jelas, JANGKRIK punya frekuensi suara yang tidak biasa.😀
    hehehe

  12. @ reatheryan
    Lha kamu kira apa?😉

    @ Miftahur
    ya pokoknya, yaseperti itulah😆

  13. Ping-balik: The Javanesse Tradition “ Ringgit Purwa “ « Pujangga Maya

  14. Ping-balik: The Javanesse Tradition “ Ringgit Purwa “ « Pujangga Maya

  15. @ elma
    thanks dah mau visit my blog😉

  16. suara jangkrik itu frekuensi tinggi Gan, kira-kira 15 KHz sampai 20 KHz.
    sedangkan perekam di Handphone di desain untuk peka pada frekuensi vokal manusia yang berkisar di antara 1 KHz. suara jangkrik masih bisa didengar manusia walaupun karena telinga manusia punya range frekuensi 20 Hz sampai 20 KHz sedangkan “telinga” perekam Handphone hanya peka di frekuensi sekitar 1 KHz.
    kalau sempat, mampir dulu Gan ke blog ane:
    http://tinyurl.com/29smw59

Tinggalkan Balasan

