Apa itu Dedicated Server ?

Di blog ku ini kamu telah mempelajari tentang, hosting, domain, dan macamnya, dan kali ini, kita akan membahas, dedicated server? apa itu?

: Dedicated server dapat diartikan sebagai server yang disewa secara terpisah dan berdiri sendiri. Layanan dedicated server memungkinkan untuk menjalankan aplikasi berat dengan beban kerja tinggi yang tidak dapat dioperasikan pada shared hosting maupun VPS. Biasanya penyedia dedicated server menyediakan satu set web server fisik secara lengkap beserta sistem operasinya. Agar dapat masuk ke web servernya Anda akan memperoleh root akses sehingga kamu sendiri dapat melakukan maintenance server melalui akses yang telah tersedia.

Dengan dedicated server pula, kamu mempunyai kontrol penuh terhadap server kamu. Kamu bebas mengkonfigurasi server sesuai dengan spesifikasi kebutuhan. Kondisi ini tentunya berbeda dengan layanan shared hosting dimana Anda tidak mempunyai kontrol penuh terhadap server. Anda terbatas hanya dapat mengkonfigurasi website Anda pada menu cPanel saja.

Pada layanan dedicated server, kamu dapat menggunakan server tersebut secara penuh untuk melakukan testing aplikasi web, layanan hosting, database dan layanan internet lainnya. Untuk menggunakan dedicated server, Kamu cukup set segala sesuatunya dari meja kerja Anda. Sementara dedicated server diletakkan pada penyedia jasa hosting, kamu kelola dedicate server secara remote dari meja kerja kamu.

Keunggulan layanan apa itu dedicated server??
Seperti yang telah kita bicarakan di atas, layanan apa itu dedicated server memiliki keunggulan dalam mengontrol penuh semua aktivitas yang terjadi di dalam server. Jadi semua resource/sumber daya server seperti core prosesor, RAM, hardisk dapat kamu atur sesuai kebutuhanmu. Dengan hak kontrol secara penuh ini tentunya akan memberikan kenyamanan dan keamanan website kamu pun menjadi lebih terjamin.

Layanan dedicated server cocok untuk kegiatan bisnis yang besar dan menangani trafik data tinggi. Dedicated server juga mempunyai kemampuan untuk membuat lebih dari satu nama domain, dapat membangun layanan email yang baik, mempunyai dukungan database dan software yang tak terbatas.

Walaupun layanan dedicated server memiliki keunggulan, layanan dedicated server juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain :
– Mahalnya biaya sewa dedicated server.
Saat ini biaya sewa dedicated server berkisar antara Rp 500.000 per bulan sampai dengan Rp 2.000.000 per bulan tergantung spesifikasi komputer dedicated server yang Anda sewa.
– Pengoperasian dedicated server membutuhkan penguasaan teknologi yang tinggi.
Tidak sembarang orang mampu mengoperasikan dedicated sever. Beberapa pengetahuan yang perlu dikuasai antara lain: hardware dan software server, jaringan dan internet, database dan lain sebagainya. Selain itu pengalaman di dunia server jaringan internet juga diperlukan.

So, layanan dedicated server direkomendasikan khusus untuk mereka yang membutuhkan layanan komputasi tinggi dengan kontrol akses secara penuh. Namun untuk mengoperasikan dedicated server sepertinya membutuhkan orang yang telah berpengalaman dalam mengelola server jaringan internet. Selain itu biaya sewa bulanan yang mahal juga membuat layanan dedicated server kurang diminati pengguna internet.

1 Komentar

Filed under windows of world

One response to “Apa itu Dedicated Server ?

  1. nice info about dedicated server

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s